Selasa, 27 November 2012

Perkembangan barbie

Perkembangan Barbie

Dalam perkembangannya, pihak Mattel sudah memproduksi berbagai macam tipe Barbie sejak pemunculannya pertama kali pada tahun 1959. Dari awal produksinya sampai saat ini, Barbie mengalami banyak perubahan  mengikuti trend pada masanya, baik itu dalam hal gaya rambut, makeup, dan juga pakaian.
Tahun 1959, dibuatlah boneka Barbie yang pertama yaitu “Vintage Barbie”. Seri Vintage Barbie ini memiliki berbagai macam keluaran dari tahun 1959 sampai dengan 1966. Salah satunya yaitu Vintage Barbie Ponytail Dolls yang merupakan model awal dari sejarah produksi Barbie. Barbie tipe ini mengenakan pakaian renang berstrip zebra hitam-putih dengan rambut kuncir ekor kuda. Dalam pemunculan perdananya itu, Barbie hadir dalam 2 versi, yaitu Barbie berambut pirang (blonde) dan berambut coklat (brunette).

Pada tahun 1967-1973, dirilislah boneka Barbie dengan seri Mod Barbie. Macam-macam Barbie dalam Mod Era ini yaitu Twist dan Turn Barbie, Hair Fair Barbie, Standard Barbie, Talking Barbie, dll. Salah satu dari sekian banyak Mod Barbie yang terkenal adalah Twist ‘n Turn Barbie Dolls (TNT). Barbie TNT ini merupakan Mod Barbie yang paling pertama dirilis yaitu tahun 1967. Barbie TNT ini memiliki penampilan yang jauh berbeda dari tipe pertama Vintage Barbie. Wajahnya berbeda, gaya rambut yang beda, dan kakinya yang dapat dibengkokkan serta pinggangnya yang juga dapat diputar. Pada tahun 1969, Barbie TNT hadir dalam tampilan yang berbeda, dengan nama Flip Hair TNT Barbie. Model rambut barunya itu terinspirasi dari sebuah TV show yang terkenal pada masa itu yaitu That Girl. That Girl ditayangkan pada tahun 1966-1971 dengan pemeran utamanya yaitu Marlo Thomas, yang memiliki model rambut flip hair. Oleh karena itu, Flip Hair Barbie TNT ini seringkali disebut sebagai TNT Flip, atau TNT Marlo, atau bahkan TNT Marlo Flip. Selain Barbie TNT, tipe Barbie yang juga terkenal pada Mod era yaitu Malibu Barbie, yang dproduksi pada tahun 1971-1977. Malibu Barbie sangat populer sepanjang tahun 1970-an. Merepresentasikan sebagai “California girl look”, Malibu Barbie langsung hits di pasaran. Sebagian dari tampilan barunya yang berbeda dengan Barbie tipe sebelumnya yaitu dengan digunakannya bentuk kepala dan wajah Stacey, teman Barbie.

Perubahan lainnya sepanjang perkembangan Barbie adalah pada tahun 1977, dimana pada saat itu halter dress dan gaya rambut Farrah Fawcett sedang ngetrend. Karena itu, Barbie merubah tampilannya pada seri Superstar Barbie. Mulai saat itu, dibuatlah Barbie dengan senyum gigi yang lebar dan rambut blonde panjang yang mengembang ala Farrah Fawcett sepanjang tahun 1970-an akhir, 1980-an, dan sebagian tahun 1990-an.

Boneka Barbie berkulit hitam pertama diperkenalkan pertama kali pada tahun 1980, yang dikenal dengan “Black Barbie”. Black Barbie ini dibuat dengan bentuk kepala Steffie, yang juga merupakan teman Barbie yang dirilis pertama kali pada tahun 1972.

Barbie sebagai koleksi meningkat semenjak dirilisnya Holiday Barbie pada tahun 1988. Barbie tipe ini diproduksi tiap tahun sampai dengan sekarang dengan tampilan yang berbeda-beda. Holiday Barbie yang awal mulanya dinamakan Happy Holiday Barbie ini merupakan one of the most popular series of all times. Banyak orang yang mulai mengoleksi Barbie dikarenakan Holiday Barbie ini. Nama Happy Holiday Barbie berakhir pada tahun 1998, dan berubah nama menjadi Millenium Princess pada tahun 1999. Tahun 2000-2002, dikenal dengan Celebration Barbie, kemudian berganti menjadi Winter Fantasy pada tahun 2003. Sejak tahun 2004 sampai dengan sekarang, Barbie seri ini dikenal dengan Holiday Barbie.

Awal tahun 2001, Mattel mulai mengklasifikasikan Barbie dengan menggunakan label color, diantaranya:
  • Pink label (Pink box), untuk boneka Barbie yang tidak terlalu mahal dan tersedia di setiap toko Barbie.
  •   Silver label, untuk Barbie yang produksinya tidak lebih dari 50.000 unit di seluruh dunia.
  • Gold label, untuk Barbie yang produksinya kurang dari atau sama dengan 25.000 unit, dan persediaannya terbatas di toko tertentu.
  • Platinum label, untuk Barbie dengan design eksklusif yang produksinya kurang dari 1.000 unit di seluruh dunia dan hanya tersedia di toko tertentu.
  •   Black label, menunjukkan bahwa Barbie tersebut diperuntukkan bagi kolektor dewasa.

Barbie telah mengalami banyak perubahan sepanjang 10 tahun terakhir. Saat ini, sudah banyak variasi dari warna kulit, warna rambut, dan bentuk muka yang berbeda. Pada tahun 2009, Mattel merilis seri Black Label Basic Barbie Dolls, yang disebut sebagai “Barbie Back to Basics”. Barbie seri ini terdiri dari 12 figur dengan bentuk muka yang berbeda, mulai dari Steffie, Mackie, Lara, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar